Hari ke-3 di Bulan Februari

Ini cerita soal warna abu-abu



Gua sudah memperhatikan Grey dari kelas 11. Gua selalu penasaran sama Grey. Mungkin karena gua selalu menganggap dia sebagai perempuan yang berintegritas dan sedikit menakutkan. Grey adalah tipikal perempuan yang lebih suka baca buku di bangkunya daripada ngoceh bergosip ria dengan cewek-cewek lainnya.

Gua inget gua selalu kehabisan kata-kata kalo ngeliat Grey lagi make batik bebas. Dia cantik. Itu yang selalu gua bilang ke temen gua, “Gila, Grey cantik banget. Dia orangnya gimana ya aslinya?,”

Plot Twist: Grey juga udah penasaran sama gua dari kelas 11.

Asal mula gua dan Grey bisa deket itu adalah ketika Grey juga ngomong hal yang sama ke temen gua ini. Dia juga bilang, “Gue penasaran deh sama Alun,” Untung dan kampretnya, temen gua ini juga bilang ke Grey kalo gua pun penasaran sama dia.

Dari sinilah kita mulai kenal deket.

Banyak perubahan dalam hidup gua yang terjadi setelah gua kenal dan dekat sama Grey. Dari yang tadinya mager untuk bernafas secara reguler, jadi lebih semangat sedikit. Dulu jam 8 malam udah ngorok dengan bahagia, sekarang sampe jam 10 malem masih bisa baca buku pelajaran dengan semangat. Grey benar-benar bisa membuat hal-hal positif yang tadinya mengendap jauh di dalam diri gua keluar.

Gua adalah orang yang sangat konsisten soal apa yang gua percaya. Jadi, enggak banyak hal yang bisa bikin pemikiran atau tingkah gua berubah, entah itu ke arah yang positif atau negatif.
Grey mampu mengubah pemikiran sekaligus tingkah gua, ke arah yang lebih baik tentunya.
Dia spesial. Sayangnya, dia enggak pernah tau itu, atau tepatnya mungkin dia enggak percaya kalo dia spesial.

“This World is Scary”

Kalo kita ngomongin politik internasional secara serius, Perang Dunia III mungkin banget kejadian. Di timur sini ada Kim Jong Un, di barat sana ada Donald Trump. Dua-duanya merupakan pemimpin yang ada ada aja.

Kalo Perang Dunia III kejadian, gua ada di jajaran orang-orang yang mati paling awal. Mati kesandung gara-gara panik ngehindarin nuklir. Gua takut.

Albert Einstein pernah bilang, “Saya tidak bisa memastikan senjata apa yang nanti dipakai di Perang Dunia III, tapi Perang Dunia IV sudah pasti kita kembali memakai batu dan tombak,”

Sebegitu seremnya.

“Hate is everywhere”

Kebencian juga tersebar dimana-mana. Orang-orang yang tiba-tiba sok politis bermunculan di sosmed. Hal ini sampe bikin gua eneg dan menghapus segala macem sosmed gua, kecuali Line.

Seolah-olah, saat ini semua orang berlomba-lomba mau nunjukkin kalo dialah yang paling benar. Bahwa kubu dialah yang sempurna. Banyak orang lupa, kalo enggak ada satu orang pun yang sempurna luar dalem.

Demi membuktikan kalo dia adalah yang paling benar, mulai bermunculan aktivis aktivis politik online yang akhirnya menyebabkan banyak debat-debat kusir di sosmed. Gua, sebagai orang yang cinta damai kadang suka gondok ngeliat hal-hal yang kayak gini. Karena sebenernya enggak penting.

Gua sudah amat muak sama society kita seakrang. Udah enggak sehat. Kerjaannya berantem dan debat. Negativitas ada dimana-mana gara-gara society sekarang.

“But you, you bring me love.”

Di saat-saat seperti ini; PD III di depan mata, kebencian dimana-mana, sampe negativitas yang muncul terus, Grey dateng dan nyembuhin gua.

Perhatian dan sikap Grey ke gua selalu nunjukkin apa yang selama ini dibutuhin semua orang. Bukan cuma gua, tapi juga Kim Jong Un, Donald Trump, sampe manusia-manusia tukang berantem di media sosial; Cinta.

HUEKKKKKKKKKKKKK.

Cheesy sih gua tau, tapi ya emang gitu faktanya.

Faktanya adalah, Grey ngebawa cinta yang selama ini udah ilang. Cinta yang bahkan sempet gua kira gak pernah diciptakan buat gua.

Alay sih, tapi ya emang gini adanya.

Di saat gua udah mulai gak percaya adanya cinta, Grey dateng.

“And I’m grateful for that”

Gua sangat bersyukur soal kehadiran Grey.

Senyumya, tawanya, dan dua buah lesung pipit yang lucu di mukanya selalu ngebuat gua positif. Setiap kali gua inget soal Grey, entah darimana datengnya, gua ngerasa seakan-akan ada kekuatan yang nguatin gua, yang bikin gua mau gerak, yang bikin gua mau hidup, dan kekuatan ini ngebikin gua mau terus melakukan sesuatu demi ngeliat senyum di bibirnya Grey.

“Grey, I love you!”

Gua sayang sama Grey, itu yang gua tau. Sesederhana itu.

Keputusan gua udah bulat.

“Would you be my girl?”

13 Desember 2017, Classmeeting

Hari ini gua masih harus nyerahin tagihan-tagihan tugas dan remedial di akhir semester. Tugas poster bahasa Jerman yang gua buat asal-asalan, sampe tugas matematika yang semuanya gua nyontek.

Enggak semua siswa harus hadir di saat-saat gabut kayak gini. Di kelas gua sendiri pun cuman ada beberapa orang yang dateng, karena emang harus nyerahin tugas. Grey salah satunya. Selain dateng buat ngumpulin tugas dan remedial, gua dan Grey emang ada janji buat nonton 8 Mile hari itu. Nonton bareng, entah itu film atau video youtube yang kadang kita tonton lewat rabb.it, emang salah satu kegiatan favorit gua dan Grey.

Hari itu adalah hari ulang tahun gua. Entah darimana, gua naruh curiga kalo Grey dan temen-temen gua akan ngasih surprise gitu. Tingkah laku Grey rada aneh sedari kita nonton 8 Mile. Entah itu tiba-tiba dia mau ke toilet terus temen-temen gua kayak ngedistract perhatian gua dan lain sebagainya.

Lucu emang, gua geer banget.

Setelah nonton 8 Mile, ternyata enggak ada kejadian apa-apa. Gua kegeeran doang.
Tapi di saat itulah gua kepikiran. Kalo Grey gak ngasih surprise, mungkin gua yang harus kasih surprise.

Gua akan nembak Grey.

Saat itu juga.

--

Setelah diskusi singkat dengan dua orang teman baik gua, sebuah skema penembakan pun tercipta dengan rapi.

--

Yang ada di pikiran gua saat itu adalah gua harus nyari kertas HVS. Tapi emang nasib baik untuk orang yang gak modal, gua nemu buku gambar yang gak kepake, yang akhirnya gua ambil. Setelah itu, gua meminjam beberapa spidol berwarna dari temen gua. Bener bener enggak modal emang.

Gua dan salah satu temen gua yang bertugas menemani gua naik ke lantai atas dan mulai nulis di buku gambar itu. Lalu setelah beberapa tarikan napas berat, doa, dan pemanasan kecil-kecilan gua memulai acara penembakan.

Temen gua pun beraksi. Temen gua yang ada di dalem kelas tugasnya muter lagu Guillotine – Jon Bellion, lagu ini adalah lagu yang dia selalu unjukkin ke gua. Intinya, ini adalah lagu kita berdua.
Sedangkan temen gua yang  nemenin gua bertugas memastikan suasana.

--

Di luar kelas, gua sudah bisa mendengar lagu Guillotine diputar. Temen gua yang tugasnya memastikan suasana mulai masuk dan ngebantu ngatur skema.

Gua deg-degan.

Gak lama, gua masuk. Buku gambar yang sudah gua tulisi gua umpetin di belakang punggung. Pelan-pelan gua jalan sambil nyengir-nyengir bego. Gua mendekati Grey, dan dengan gobloknya bilang, “SSSST jangan kemana-mana,” padahal dia emang gak kemana-mana.

Gua mengedipkan mata ke temen-temen yang emang udah sekongkol sama gua, dan akhirnya anak-anak yang ada di kelas mereka ajak keluar semua.

Sekarang gua cuma berada di ruang kelas berdua sama Grey.

Dengan gemeteran dan hampir nangis karena kebawa suasana (gua emang cemen), gua perlahan-lahan membalikkan lembar demi lembar buku gambar yang tadi sudah gua tulis soal beberapa hal.

Halaman pertama buku itu gua buka. Isinya,  “Grey! *a.k.a. My Maggie”

Di halaman selanjutnya, “This world is scary!”

“Hate is everywhere! *That’s why I quit my instagram”

“But you, you bring love to me!”

“And I’m grateful for that!”

“I love you!”

“before we go to the last page, I’m so sorry for any grammar errors.”

Akhirnya gua sampai di halaman terakhir, “Grey, would you be my girl?”

Gua melihat ke arah mata Grey. Dia speechless. Begitupun gua, yang masih gemeteran dan masih terharu.

Perlahan-lahan gua ngeliat lesung pipitnya mulai keliatan, Grey mulai tersenyum. Dengan suara yang pelan dia ngomong, “Are you kidding?”

Lalu dia memeluk gua.

Reflek, gua bales pelukannya, dan gua cium rambutnya.

Lalu gua berbisik dengan pelan, “Jadi jawabannya gimana?”

Dia jawab dengan anggukan pelan. Yang gua anggap menandakan, “Iya.”


Kamu delapan belas hari ini,
Semesta mulai bercanda lagi,
Aku juga mulai merasa disatiri,
Entah apa yang mau kuberi,

Yang berbau angka kelak akan menjadi nol
Yang berupa barang, kelak akan bedol

Kata Pramoedya,
Aku tak perlu pintar,
Aku hanya perlu mengarang kata,
Hingga akhirnya zaman datang dan aku tidak perlu jauh mengampar

Maka dari itu, tulisan adalah abadi
Mungkin tidak seberapa,
Tapi ini kutulis dengan hati,
Selamat sayang, kamu menua!

Hari ini, Tiga Februari Dua Ribu Delapan Belas

Yours, batman.