Tegukan Kopi dan Cerita, Bagian 8: Ungu

Kupikir kamu harus tahu kalau aku pernah berusaha
Merebut sejagat, dan raya 

Yang ada di matamu 
Melabuhlah yang teduh, yang meragu.

Mungkin kita tidak pernah disitu. 
Belum pernah ada kita. 

Tapi jika ini adalah akhir dari sebuah cerita, 
Maka puaslah kiranya penulisnya. 

Menyuntikkan setetes sendu
Yang pernah membuatku merindu, mu. 



Rasa adalah anugerah yang diberi Tuhan kepada kita. Rasa membedakan kita dengan binatang, tumbuhan, dan alien. Manusia, dengan segala rasa yang dipunya pasti menimbulkan sesuatu. Enggak pernah enggak. 

     Rasa kebangsaan yang terlalu berlebihan, Adolf Hitler mampu membakar semangat pasukan NAZI di Perang Dunia II. Karena rasa ragu dan takut, Anakin Skywalker bisa mengubah haluannya 180 derajat, dari yang ada di Bright Side jadi pawang dari Dark Side. Tapi, karena rasa sayang kepada Hayati yang dituang dalam tulisanlah Zainuddin mampu menjadi seorang sastrawan di Pulau Jawa. 

     Selain kapal perang, helikopter, bom atom, dan bom nuklir, rasa sayang adalah senjata yang juga berbahaya. Rasa sayang bisa membunuh, atau membangun. Rasa sayang bisa dituang, atau ditumpah. 

     Gua adalah orang yang paling bingung gimana caranya mengungkapkan rasa sayang. Karena menurut gua, rasa sayang ada pada titik maksimalnya saat sesuatu yang kita sayang jauh. Misalnya saat kita jauh dari rumah, tiba-tiba aja rasa sayang sama emak bapak nambah berlipat-lipat. Ketika kita lagi ldr-an sama pacar kita pun tiba-tiba rasa sayang kita bertambah. Semuanya karena rindu yang diam-diam meniup dari belakang. 

    Mostly, gua menunjukkan rasa sayang gua diam-diam. Karena emang itu peran gua, seorang pecinta diam-diam. Rasa sayang gua kebanyakan gua tunjukkin lewat perhatian, sadar gak sadar. Mungkin, kalo udah nyaman dan yakin baru gua berani ngungkapin rasa sayang secara terang-terangan. 


     Warna ungu adalah warna yang setengah-setengah. Setengah bahagia, setengah mellow. Mungkin warna ini adalah warna yang cocok untuk salah seorang perempuan yang gua kenal. Dia adalah orang yang ceria, tapi kadang melankolis. 

     Ungu adalah sahabat gua. Semua hal gua ceritain ke dia. Literally semua hal. Dari keseharian gua, masalah gua suka sama si Merah, sampe gua suka sama si Biru pun gua ceritain ke dia. Dia adalah pendengar dan penasihat yang baik. 

     Begitu pula yang Ungu lakukan ke gua. Dia juga selalu menceritakan apapun ke gua. Bahkan dulu dia pacaran pun terkadang gua yang menjadi komunikator agar dia dan pacarnya, yang juga sahabat gua, baik baik aja. 

     Tapi suatu hari, mereka putus. Mereka yang putus, gua juga yang ikut sakit hati. Dua-duanya sahabat gua, dan mereka putus karena hal sepele yang diperparah  munculnya orang ketiga. Yang makin parah, orang ketiganya ini adalah temen gua sendiri, dan dia berusaha buat ngedapetin Ungu pada awalnya. Yang mana akhirnya si Ungu malah cuman di php-in doang. Fak! Gua disini bisa merasakan gimana sedihnya Ungu. 

     Walaupun terhitung orang yang ceria, tapi Ungu kalo udah sedih melankolis banget. Di masa-masa ini, dia terpuruk. Ungu, yang waktu itu masih sahabat gua, terpuruk. 

     Suatu ketika bahkan dia pernah nanya, "Lun, apa emang gue gak pantes bahagia ya?" 

    Gua sebagai sahabat ikut ngerasain gimana sakitnya si Ungu. Sebelum menjawab pertanyaan ini gua berpikir dulu. Gua mengingat-ingat kembali semua yang pernah dilalui Ungu. Gimana dia pernah suka sama orang tapi malah diselingkuhin, sampe dia pacaran dan putus karena hal yang sepele. 

    Disitu, gua menemukan jawaban untuk pertanyaan yang Ungu lontarkan ke gua. "Ngu, dari sekian banyak orang di dunia, lu adalah salah satu orang yang teramat pantes untuk bahagia.Gua adalah orang yang paling depan mau ngeliat lu bahagia. Sebisa mungkin, kalo gua bisa gua akan bantu lu bahagia." janji itu pun terucap. 

     Di saat itu gua baru sadar. Gua rela ngelakuin apa aja biar Ungu bahagia. Cheesy banget ya? tapi enggak, beneran. Dari rasa empati seorang sahabat, lalu meningkat jadi rasa ingin ngelindungin, naik lagi jadi rasa ingin ngebahagiain, sampe suatu saat gua sadar kalo rasa ini udah bermetamorfosa menjadi.. 

     rasa sayang. Gua sayang sama Ungu. Yang gua pendam dalam diam.

==

    Gak ada yang bisa ngeberhentiin waktu. Waktu terus berjalan. Semuanya perlahan berubah, menjadi lebih baik atau mungkin lebih buruk. 

    Makin lama kalo diperhatiin Ungu makin cantik. Semakin hari gua makin kagum sama kecantikannya. Perlahan-lahan dia pulih dari keterpurukannya. Ungu mulai ceria lagi. Gua seneng ngeliatnya. 

      Sementara di sisi lain gua makin mendelep. 

     Hubungan gua sama Ungu tetep gitu-gitu aja. Masih sebatas sahabatan, cuman mungkin gua aja yang dulu nganggepnya lebih dan kadang suka berlebihan nanggepin apa-apa. 

     Dulu gua gampang banget marah sama Ungu. Kayak misalnya dia dulu ngajakin gua nonton Suicide Squad terus akhirnya gajadi karena gua ngambek dia udah nonton duluan ternyata sama temen-temennya. Pokoknya dulu gua baperan, gampang marah, dan pokoknya kalo diinget-inget lagi gua adalah temen paling buruk yang pernah ada. Temenan doang tapi bapernya kayak orang mau dianggep lebih dari temen. 

     Sampe akhirnya di sekitar bulan September 2016, udah terlalu banyak ambekkan ambekkan gua yang berujung pada konflik. Gua sadar ini gak baik. Gua sadar kalo gua bukan gua yang dulu, yang siap ada di sampingnya Ungu setiap saat dan ngebahagiain dia. Gua udah berubah menjadi seorang penuntut, yang mana itu gak baik untuk Ungu, dan malah bikin dia sedih terus. 

     Gua gak mau jadi seorang hipokrit. Gua ngomong mau bikin Ungu bahagia, tapi gua sendiri lah ternyata yang bikin dia sedih terus. 

     Akhirnya dengan berat hati gua menghilang untuk sementara waktu dari Ungu. 

===

      Desember 2016 gua dan Ungu baikkan. Berawal dari kontak-kontakkan di Facebook. Kali ini gua udah mulai berusaha tahu diri, dan berusaha kembali menjadi seorang sahabat lagi buat Ungu. Tapi emang yang namanya perasaan gak bisa dibohongin, akhirnya gua malah menjadi seorang sahabat yag diam-diam suka sama Ungu. 

     Tiga bulan enggak ada kontak, tentu gua ingin tahu apa aja yang udah gua lewatin dari kehidupannya Ungu. Dia juga kebetulan ngajakkin gua untuk ketemuan dan ngobrol di malem tahun baru. 

     31 Desember 2016 

     Setelah merasa ganteng (walaupun enggak) gua nyamper Ungu di rumahnya. Lalu tanpa basa-basi dia langsung naik ke motor gua dan kita bisa langsung ngobrol kayak sebelumnya gak terjadi apa-apa. 

     "Nih jadi kita ke mana nih?" tanya gua. 

     "Gue lagi pengen sekoteng sih, lun" kata Ungu. Gua bingung nyari sekoteng malem tahun baru gini di mana. Tapi ternyata gua baru inget mungkin di Setu Babakan ada yang jual sekoteng. Tapi pikiran gua sebenernya menolak ide tersebut, karena Setu Babakan adalah tempat para cabe dan terong untuk menghabiskan malam. 

    "Di Setu ada kali yak?" 

    "Yaudah coba aja ke situ" kata Ungu.
     
    Malam itu malam tahun baru, dingin tapi sepi. Diiringi bising motor mas mas ganteng yang udah dimodifikasi , gua dan Ungu mengelilingi Setu Babakan mencari sekoteng. Bukan sekoteng yang kita dapet, malah remang-remang setu dan para cabe serta terong yang kita liat. Setelah pertimbangan yang matang, gua dan Ungu memutuskan akhirnya untuk singgah di sebuah Rumah Makan Aceh di sekitar Lenteng. 

     Gua cuman memesan kopi, sementara Ungu memesan sepiring makanan dan minuman yang gua lupa apaan. 

     "Lun" 

     "Apaan?" 

     "Gua mau cerita" kata Ungu dengan bahasa dan intonasi yang udah sangat gua kenal. 

     "Yaudah cerita deh" 

     Ungu cerita soal kehidupannya beberapa bulan belakangan ini. Dia keluar dari Vocal Group sekolahnya karena dia merasa gak nyaman, dia sempet jadian terus putus lagi sama seorang kakak kelasnya, dan dia juga dideketin sama seorang kakak kelas gua yang emang udah suka sama dia dari dulu, yang mana ujung ujungnya semuanya sad ending. 

     Di tengah-tengah kopi yang mendingin, obrolan menghangat. Gua juga ikut menceritakan kehidupan gua. Mulai dari gua ada masalah di ekskul musik, sampe gua mengadopsi seekor kucing yang gua beri nama Munawaroh Cloudy. 

     Niat awalnya, Ungu mau liat kembang api malem itu. Cuman sekitar jam 11 maagnya kambuh, akhirnya kita memutuskan untuk pulang. 

     Malem itu mengubah perspektif gua. 

     Bahwa sebetulnya, rasa sayang tidak harus ditunjukkan secara langsung dan tidak harus dibalas lagi dengan rasa sayang. Rasa sayang yang sebenarnya adalah ketika kita berani melakukan apa saja untuk membuat orang yang kita sayang bahagia. 

     Sejak malam itu, gua berkesimpulan bahwa gua memang sayang sama Ungu, lebih dari sekedar temen. Tapi gua gak bisa maksain Ungu untuk juga sayang sama gua lebih dari sekedar temen. 

     Gua juga setelah mendengarkan ceritanya Ungu ikut kembali keinget sama janji yang dulu pernah gua ucap. Bahwa gua adalah orang terdepan yang pengen ngeliat Ungu bahagia. 

     Akhirnya di tengah kembang api yang meletus-letus di langit depan rumah gua, gua berjanji sama diri gua dan waktu yang terus berjalan. Bahwa gua akan menemani Ungu sampai dia mencapai bahagianya. Walaupun saat itu gua juga diam-diam sayang sama dia, lebih dari sekedar temen. 

      
Empat Purnama Yang Jauh 

Malam ini aku sendu.. 

Di gelap ini aku berkendara, 
Di dingin ini aku membeku,
Cahaya matamulah yang seandainya mampu menerangiku.
Tapi, ingatan tentangmulah yang lalu mencipta bara. 

Malam ini rindu
Malam ini aku merindu.. 


22.03
21.08.2017