Tegukan Kopi dan Cerita, Bagian 6: Ketika Aku Masih Lakimu

Suatu hari di tahun 2014


     “Lun ! lu beli ini aja lun” kata Ungu dengan antusias menunjukkan sebuah buku yang berjudul Enam Puluh Menit Mahir Main Gitar

     Gua langsung memicingkan mata, sambil ngayal. Enam puluh menit ke depan gua udah jago main gitar. Udah bisa mainin lagu Guns n Roses. Wow! Gua langsung beli itu buku. 

     Dijalan pulang pikiran gua masih kebayang baying apa jadinya gua enam puluh menit ke depan. Gua kebayang ekspresi orang orang yang kenal sama gua pas ngeliat gua jago main gitar dan hanya belajar selama enam puluh menit, itu pun lewat buku. Gua pasti langsung dibilang dewa. Pasti banyak yang ngefans sama gua. 

     “Lun!” kata Ungu membuyarkan lamunan gua

     “Apaan?” ujar gua

     “Nanti kalo lu udah bisa main gitar, lu nyanyi When I Was Your Man sama gua ya,”

      “Iya iya” jawab gua

     Sampe di rumah, gua ambil gitar tua gua, dan gua buka buku yang baru gua beli dan gua baca baca. Satu per satu halaman gua balik, gua baca perlahan-lahan, lalu tanpa sadar tangan gua mulai ngegenjreng-genjreng. Jelek banget gila suaranya. 

    Tapi gua pantang menyerah dan terus nyoba untuk bisa main minimal satu lagu.

    Tetep aja enggak bisa bisa.

     Akhirnya gua sadar kalo gua udah membaca buku Enam Puluh Menit Mahir Main Gitar selama seratus dua puluh meit. 

     Untuk membaca bukunya aja gua butuh waktu dua jam. Sementara buku itu ngejanjiin dalam waktu satu jam gua udah mahir. 

    Pembohongan publik. 

    Kesel juga kalo inget. 

     Asli.