Kesimpulan Kecil Yang Pertama

2014 

                Gue bukan expert dalam hal apapun. Tapi gue merupakan orang yang paling cepet ngambil kesimpulan dari suatu kejadian. Kejadian apapun itu, seenggak penting atau sepenting apapun itu. Dan tahun – tahun belakangan ini juga bisa dikatakan merupakan tahun – tahun dimana gue udah ngambil beberapa kesimpulan yang gue tarik menjadi satu kesimpulan besar.
                Kalo ada orang – orang yang nanya, “Lun, tahun terbaik lu kapan?” saat ini gue bakalan jawab 2014. 2014 adalah tahunnya gue. Tahun dimana kebanyakan target target gue tercapai. Dan yang paling melegakan di tahun 2014 gue menyadari bahwa ternyata kiamat 2012 udah terjadi 2 tahun yang lalu. Artinya, gue udah 2 tahun selamat dari kiamat 2012.
                2014 dimulai saat gue berhasil menurunkan berat badan gue—walaupun sekarang naik lagi. Dulu, dengan tinggi 150 an, berat gue itu sampe 86 kilo. Ibarat badak, gue udah diledekin gendut banget ama badak badak lainnya.
                Jujur, salah satu motivasi gue dulu dalam menurunkan berat badan adalah bully yang gue dapet. Dari banyak orang. Gue dibully, gue gondok, gue dendam, gue pengen buktiin diri gue sendiri, dan akhirnya gue berhasil nurunin berat badan gue. Gue masih inget banget. Waktu itu gue lagi di lantai 3 SMP gue, terus ada beberapa anak yang lagi ngobrol ngobrol asik gitu, pas gue lewat di depan mereka, mereka bisik bisik  “Woi ada Gorilla Bulat, ada Gorilla Bulat” terus ketawa-tawa kayak tuyul ketemu cengcorang. Gue sadar yang lagi diledekin itu gue. Karena saat itu, di sekitar tempat itu kalo ada makhluk yang mirip Gorila Bulat, ya itu gue.
                Akhirnya mulai saat itu gue bertekad ngurusin badan. Gue melakukan hal-hal yang gue anggep dapet membantu menurunkan berat badan gue. Setiap seminggu sekali gue futsal. Di rumah kalo lagi sepi gue lari-lari kayak orang gila, kadang main bola di dalem rumah malah. Tiap hari makannya cuman apel sebiji, kadang enggak makan malah. Kalo makan cuman lauknya doang, sampe gue dikatain kucing garong ama nyokap. Gue gak pernah minum gula. Seketat itu? Iya.
                Anehnya, bukannya kena kanker gara gara gaya hidup kayak gitu, gue malah berhasil nurunin berat badan. Dari tadinya 86 kilo, sempet nyampe 64 kilo. Berhasil nurunin 22 kg, gak nyampe 6 bulan. Sekarang kalo gue inget-inget, gue sendiri heran kenapa gue bisa gak kena kanker dari gaya hidup kayak gitu.
                Reaksi dari orang-orang beragam. Ada yang ngeledekin, ada yang ngira gue sakit, ada yang malah aneh sama gue. Selain itu, reaksi dari orang-orang kebanyakan kaget. Kebanyakan, orang-orang baru sadar gue berhasil nurunin berat badan 3-4 bulan setelahnya. Kebanyakan nanya, “Lun, kok lu kurus sih lun? Rahasianya apa?” biasanya, kalo pertanyaannya udah begini, jawaban gue cuman “Biasa, ngiterin Danau Toba.” Salah satu temen gue yang bernama Ihsan, adalah orang yang paling suka ngeledekin gue. Dia pernah ngomong gini depan guru yang kaget karena gue dari gendut banget jadi kurus, “Iya bu, dia sekarang makannya apel doang bu. Iya kan lun?”
                Selain itu, 2014 juga tahun dimana gue menemukan salah satu hal terbaik yang pernah nongol di hidup gue. Musik.
                2014 awal gue belajar musik. Gue beli buku yang judulnya “60 menit belajar gitar”. Sekarang, kalo gue pikir-pikir ini buku cuman clickbait doang judulnya. Orang baca bukunya aja lebih dari 60 menit.
                Tapi akhirnya gue bisa belajar gitar juga. Dengan otodidak. Cuman ditemenin sama gitar lama bokap dan kemauan yang kadang ada kadang enggak. Lagu pertama gue adalah The Man Who Can’t Be Moved dari The Script. Yang gue pelajarin dari youtube.
                Efeknya, ampe sekarang gue masih suka main musik. Kalo dulu gue cuman bisa main gitar, sekarang gue bisa main bass dan dikit-dikit bisa main drum. Mungkin besok gue akan belajar main rebana.
                Kesimpulan dari 2014: Enggak ada yang gue gak bisa lakuin kalo gue mau.