'Pak'

Hari ini gue udah 2 kali naik taksi. Tenang bukan bermaksud minta bayarin atau gantiin ongkos, cuman mau curhat. Gue 2 kali dipanggil 'pak' oleh supir taksi. Itu sakit men. Ini mengingatkan gue tentang anak kecil yang juga pernah manggil gue 'bapak', ceritanya gue lagi beli nasi goreng, sambil ngeledekin itu anak kecil, dia ketawa, kampretnya, dia bilang sama ibunya "Mah bapak bapaknya lucu ya," Itu lebih sakit men. Entah darimana dua supir taksi plus satu bocah kampret itu bisa sampe manggil gue 'pak'. Lu tau rasanya dipanggil pak? Itu tuh rasanya kayak lu abis jalan sama gebetan eh gataunya percuma aja ujung ujungnya PHP (oke ganyambung).

Untung gue gak dipanggil 'Om'. Karena, di indonesia ini, kata 'Om', itu lebih menjurus ke bapak bapak tua banyak duit suka sama cabe cabean. Seandainya Supir Taksi itu manggil gue 'om' maka dia akan berkata "Selamat Malam Om," konotasinya pun berubah 180 derajat. Gue jadi seperti disambut oleh bencong bidadari Axe yang menunggu gue sisirin bulu keteknya (iya, gue juga mau muntah kok).

Gue gak nyalahin mereka manggil gue 'Pak'. Gasalah mereka manggil gue 'Pak' karena mereka gak kenal gue. Gue jadi Mikir, kalo orang yang gak kenal, salah manggil kita itu biasa, gimana dengan orang yang kenal, tapi manggil kita itu di 'salah salahin'. Yang gue maksud adalah yang mereka maksud panggilan sayang. Misalnya ada yang pacarnya tembem di panggil embem. Pacarnya ganteng dipanggil nteng. Pacarnya kontet dipanggil ntet sampe pacarnya ngondek dipanggil bencong (iyalah). Entah apa kalo gue yang dibikinin panggilan kesayangan gitu.

Yang dipikiran gue sekarang ada 3, yaitu Mbrot karena gue Gembrot, abis itu Heli, karena gue 'guk guk guk' sampe nteng,bukan karena gantenh tapi karena gue suka tiduran di genteng.

Gue bisa maklumin anak kecil yang manggil gue Bapak. Gue bisa maklumin supir taksi yang manggil gue 'pak' karena mungkin dia gak liat gue dengan jelas. Tapi gue jadi bingung sama Orang yang kita sayang manggil kita dengan yang katanya sebutan sayang, dengan manggil kita dengan kelebihan atau kekurangan kita. Apakah yang katanya sebutan sayang itu harus dari apa yang menonjol dari diri kita?